Mengatasi Tindihan

Mengatasi Tindihan

Sejak Smp saya sudah mengalami tindihan, yaitu keadaan dimana kita terbangun dari tidur tapi tidak bisa bergerak sama sekali, rasanya menyiksa sekali, padahal pada waktu itu saya tidur bertiga dengan saudara-saudara saya, kami memakai ranjang bertingkat.

Hampir tiap hari saya mengalami tindihan, banyak sekali hal yang saya lihat waktu mengalami tindihan, mulai dari melihat sesosok pocong, sampai seseorang yang menggunakan kerudung tapi tanpa kepala. Menakutkan!.

Tiap malam saya selalu mendengar suara-suara aneh, dan saya tidak bisa berbuat apa-apa, yang membuat saya lebih takut cenderung kesal adalah, saat ada tangan yang menggelitiki tubuh saya, ingin menangis rasanya, saya berdoa terus hingga terbangun, dan saat terbangun, saya terengah-engah seperti orang yang kecapean dan lari menuju ke kamar orang tua saya.

Sampai kemudian kami pindah rumah, saya masih mengalami tindihan, namun frekwensinya tidak sesering dulu. Setelah saya menikah, saya masih menderita tindihan, apalagi kalau kejiwaan saya lagi stres, saya sering melihat hal-hal yang menakutkan saat tindihan, saya juga mulai mencari apa itu tindihan dan apa penyebabnya, dari situ saya tahu kalau tindihan bisa terjadi karena kurangnya ventilasi di kamar atau ruangan dimana kita tidur, dan ada penjelasan ilmiah mengenai tindihan.

Sleep Paralysis
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan menyeramkan di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Cara Mengatasi Tindihan

Setelah cukup lama sering mengalami tindihan, saya akhirnya capek dan mencari tahu bagaimana menghindarinya, akhirnya setelah searching  saya  menemukan caranya, diantaranya adalah

1. Usahakan selalu berdoa sebelum tidur dan jangan sampai tidur terlalu larut.

2. Kamar jangan sampai terlalu tertutup, berikan sedikit ventilasi udara.

3. Bila terjadi tindihan dan tersadar, jika kembali tidur usahakan rubah posisinya, untuk   menghindari terserang tindihan lagi.

4. Ini cara yang paling jitu ketika saya mengalami tindihan, saya selalu menahan nafas beberapa detik, dan itu terbukti, saya bisa langsung tersadar dari tindihan dan kembali tidur dengan merubah posisi. Ini cara yang saya temukan sendiri.

            Pada akhirnya semuanya kita kembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan percaya kita adalah mahluk yang paling sempurna, dan jangan takut akan godaan-godaan dari mahluk manapun juga.

 

Semoga bermanfaat.

 

6 thoughts on “Mengatasi Tindihan

  1. Mbak, kalau aku tidak ketindihan, tetapi badanku melayang di atas tempat tidur. Tapi bukan badan kasarnya,melainkan badan halus. dan itu setengah sadar. waktu badan halusnya balik lagi ke tubuh, sakit banget, seperti habis dipukuli. kalau itu, apa ya?

    • iya saya juga kadang sering begitu, ketika badan ada yang menggelitik, maka saya akan terbangun dengan perasaan sudah digelitiki orang, itulah yang masih kurang saya fahami, entah sugesti atau apa, yang jelas sekarang saya jarang terkena tindihan, karena saya suka melakukan tip-tip di atas, dan yang terpenting tentu saja berdoa pada Tuhan, agar tidak di ganggu oleh hal” yang tidak di inginkan🙂

      makasih udh mampir mba rebellina🙂

    • kalo saya alhamdulillah selalu berhasil mba/mas Ido Guntar, kalo masih sprt itu saya selalu mencoba berdoa dengan sekuat-kuatnya(Berteriak) walaupun kdg suara kan ga kedengaran. Saat tersadar usahakan bangun sepenuhnya bangun, jangan terlelap lagi, karena kalo terlelap lagi tindihan biasanya kembali menyerang kita.. semoga bisa dicoba ya.

Leave a Reply

