Contoh Sinopsis

High Quality Jomblo
Oleh : Tina Sulyati
Marcel 24th adalah seorang pemuda yang masih single dan sukses. Tapi dia belum memiliki pacar. Selama ini Marcel tidak suka dengan pacar-pacarnya yang ketahuan hanya mengincar hartanya saja. Marcel tinggal sendirian. Karena orangtuanya tinggal di luar negeri. Pak Amin 48th datang dengan keluarganya sebagai pengganti tukang kebun yang sudah keluar. Dan isterinya Bu Romlah 45th menjadi pembantu Marcel. Marni 20th anak dari Pak Amin tukang kebunnya cantik namun tomboy. Sengaja dibawa untuk bantuin mereka dan ikut kursus sekretaris. Orangtuanya ingin Marni berubah lebih anggun dan dapat kerja di kota. Sayang kelakuannya yang tomboy dan urakan susah berubah. Marcel sering dongkol dengan ulah Marni yang sering melakukan kesalahan. Marni juga sebel sama Marcel yang sombong. Saat disuruh gantiin Bu Romlah nyetrika baju Marcel. Marni ditelpon temannya. Setrikaanya gosong. Marcel marah besar. Dia mengancam akan bikin perhitungan dengan Marni. Maka saat Marcel ditantang oleh teman-temannya untuk membawa seorang wanita ke suatu pesta. Marcel dapat akal dia menyuruh Marni untuk jadi pendampingnya. Marni kaget dan tidak mau. Tapi Marcel bilang Marni jangan ge er. Marni harus bersedia atau Marni harus mengganti kemejanya yang gosong dengan harga yang fantastis. Akhirnya Marni bersedia.
Marcel Make over Marni jadi cantik. Marcel terpesona lihat kecantikannya. Tapi dia segera sadar kalau Marni hanyalah anak seorang tukang kebun. Di pesta semua teman Marcel memuji kecantikan Marni. Tapi tidak dengan Nunik. Dia benci sama Marni karena dianggap sudah merebut Marcel. Nunik ingin mencelakai Marni. Nunik menjegal kaki Marni saat sedang jalan di pinggir kolam renang. Marni terjatuh ke kolam bajunya basah kuyup. Hamdan sahabat Marcel segera menolongnya. Marcel diam saja. Dalam hatinya dia kesal karena Marni sudah mempermalukannya. Marcel memaksa Marni pulang. Sepanjang jalan Marcel marah sama Marni membuat Marni menangis.
Kemarahan Marcel berlanjut sampai rumah. Marni dibully disuruh mengerjakan ini dan itu. Marni mengeluh sama kedua orangtuanya dan ingin pergi dari rumah Marcel yang angkuh dan sombong. Marni juga ingin meneruskan kursusnya di kampung saja. Dengan berat hati akhirnya kedua orangtua Marni mengijinkan. Marni pulang kampung. Saat Marcel mencarinya untuk menyuruh mencuci mobil yang datang Pak Amin. Marcel kaget waktu Pak Amin bilang kalau Marni sudah pulang kampung dan meneruskan sekolahnya. Marcel merasa bersalah. Dia merasa keterlaluan sama Marni. Marcel berniat untuk menyusul Marni ke kampung.
Di kampung Marni meneruskan kursusnya. Untuk biayanya Marni menerima pekerjaan serabutan dari para tetangganya. Di kampung Marni disukai oleh Rama 22th anak ketua kampung yang sombong. Dia terang-terangan ingin melamar Marni. Tapi Marni menolak. Rama tidak putus asa. Dia melakukan segala cara untuk mendekati Marni. Tapi Marni selalu menolak. Ini membuat Rama marah dan menghadang Marni saat pulang kursus. Marni akan dicelakai. Untungnya Marcel yang baru datang melihat semuanya. Marcel segera menolong Marni. Terjadi baku hantam. Marcel dan Rama berkelahi. Rama kalah dan kabur. Tapi dia mengancam akan balas dendam sama Marcel. Marni berterima kasih sama Marcel yang sudah menolongnya. Marcel juga minta maaf karena sudah menyakiti hati Marni. Marcel juga bilang dia berubah lebih baik karena Marni. Mereka akhirnya baikan. Marcel mengajak Marni kembali ke kota dan berjanji akan membiayai Marni kursus lagi. Marcel bahkan akan menjadikan Marni sebagai sekretarisnya. Marni bahagia mendengarnya.
Marni kembali ke kota. Pak Amin dan bu Minah menyambutnya dengan gembira. Apalagi mendengar kalau Marni akan dijadikan sekretaris Marcel. Tidak gampang menjadi sekretaris Marcel. Marni harus berhadapan dengan Nunik yang sudah lama membencinya. Apalagi saat Nunik tahu kalau Marni hanyalah seorang anak dari tukang kebun. Nunik makin benci dan beberapa kali mencelakai Marni ditempat kerjanya. Nunik bahkan memfitnah Marni menggelapkan uang kantor karena miskin. Membuat Marcel marah didepan orang banyak. Marni menangis Hamdan membelanya dan memberikan bukti kalau Marni tidak bersalah. Tiba-tiba Marcel merasa cemburu melihat Hamdan yang mulai dekat dengan Marni. Rupanya Marcel mulai mencintai Marni. Marcel melarang Marni dekat-dekat dengan Hamdan atau akan dipecat. Marni makin bingung. Sementara Hamdan menyatakan cintanya. Marni belum bisa menjawab.
Nunik makin benci sama Marni. Dia lalu menelpon orangtua Marcel dan membocorkan semuanya. Orangtua Marcel datang, mereka marah dan memecat Marni sekeluarga, dengan tuduhan memanfaatkan Marni untuk mengeruk hartanya saja. Marni sakit hati. Mereka pulang dengan perasaan terhina. Mendengar itu Marcel marah sama orangtuanya. Marcel terus terang kalau dia meyukai Marni dan akan menjadikannya sabagai isterinya. Mami Marcel shock dan pingsan. Marcel kaget dan membawa Mamih ke rumah sakit.
Sementara Rama kembali datang dengan ayahnya untuk melamar Marni pada Pak Amin. Mereka mengungkit-ungkit hutang Pak Amin yang sudah menumpuk karena bunga yang tidak dibayar. Karena sakit hati sama Marcel akhirnya Marni menerima lamaran Rama. Mereka akan segera menikah.
Setelah Mamihnya pulih Marcel pelan-pelan cerita kalau selama ini dia berubah menjadi lebih baik karena Marni. Marcle minta restu pada mamihny untuk mencintai Marni. Melihat kesungguhan Marcel akhirnya Mamih dan papihnya setuju. Marcel bahagia dan segera ke kampung menyusul Marni. Marcel tertegun melihat pesta yang meriah di rumah Marni. Dia bertanya apa yang terjadi. Hancurlah hatinya mengetahui kalau Marni akan menikah. Marcel tidak tahu kalau Marni sedang menangis dikamarnya. Marni berniat melarikan diri.
Marcel memutuskan untuk pulang. Tapi dia kaget saat melihat seorang pengantin berlari dibawah guyuran hujan. Marcel memeluk Marni. Marni menanggis, dia tidak mau menikah dengan Rama. Rama datang dengan warga. Rama menuduh Marcel menculik Marni. Rama menyuruh mereka memukuli Marcel. Tapi Marni berteriak kalau dia tidak diculik Marcel tapi dia sengaja kabur karena tidak mau menikah. Rama geram dan akan melepaskan Marni bila Marni membayar sejumlah hutang. Marcel bersedia asal Marni dibebaskan. Akhirnya Rama menyerah Marni memeluk Marcel. Marcel terus terang kalau dia menyukai Marni. Marni pun mengangguk karena dia juga cinta sama Marcel. Pernikahan dilanjutkan dengan pengantin pria yang berbeda.

3 thoughts on “Contoh Sinopsis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s